How Much Should I charge?

This post is in Bahasa Indonesia. How Much Should I charge?

Kesimpulan Chats Status FB Iin 24 May 2016 

Menentukan harga jual rajutan dan upah kerja.

Komponen Harga Jual:

Bahan

Upah Kerja

Biaya Admin (pemberi kerja)

Profit Pengusaha

Harga Jual = 2 x bahan (berarti profit = 100%) + (waktu x upah 20,000/jam) + Biaya Admin

Tabel ini berusaha menampilkan beberapa simulasi dalam usaha mencari harga yang mendekati harga pasar untuk jenis rajutan yang umum. Harga in tentu tidak mutlak dan tidak berlaku bagi rajutan yangsifatnya khusus dan custom made. Rajutan2 spesifik dengan tingkat pengerjaan sulit bisa mengganti jumlah upah dan jam kerja untuk mereflesikan harga yang sesuai.

Pilih prosentasi profit yang dikehendaki dengan mengganti faktor pengalian (25% hingga 100% dari harga bahan).Biaya admin yang berlaku umum adalah antara 2.5 hingga 5% dari harga bahan namun bisa berubah sesuai kondisi pekerjaan.

Kesimpulan:

Dari keempat simulasi yang ditampilkan komponen harga yang paling mendekati dengan harga jual dipasaran menengah keatas adalah Simulai ke 4 dimana Upah kerja minium adalah 15,000 per jam sedang profit pengusaha adalah 25% dari bahan + admin 5% dari bahan.

Sudah sewajarnya jika perajutlah yang menerima komponen harga tertinggi dari penjualan yakni ( menggunakan simulasi 4 contoh tas dari Kaboki). Sedang pengusaha tetaplah harus menerima keuntungan demi menjaga kelangsungan usaha yang dikelola.

Bahan 105,000 = 27%

Upah perajut = 300,000 = 65%

Profit Pengusaha/pemberi kerja = 5.2%

Dari harga jual tasksiran agak sedikit diatas Kaboki yakni Rp.365,500.-

Terima kasih atas semua teman yang sudah berbagi komentar dan pendapat serta memberi masukan pada diskusi ini tanpa menyebutkan nama satu persatu.

Link https://www.facebook.com/Nuralawiyatulhasani

Download tabelnya Menentukan Harga Jual dan Upah